Kamis, 16 Juli 2020

Saat-saat Wapra Dulu

Pagi itu, setelah kurang lebih 2 pekan sebagai murid baru, saat belajar kelompok, tiba-tiba kami kedatangan kakak-kakak kelas dari Pramuka. Mereka ngasih tau kalo Sekolah akan mengadakan Wapra (wajib pramuka). Ya namanya juga wajib, jadi mesti diikuti.

Sebelum hari-H tentulah kami perlu latihan baris-berbaris terlebih dulu. Latihannya 1,5 jam setelah pulang sekolah, dari selasa sampe jum'at, maybe? Ku juga lupa.

Oh ya ada yel-yel pramuka yang diajarkan kayak:

Hai kamu duhai gadis ayu
Kenapa dulu kau bilang i love you kepadaku
Tapi sekarang kau diam membisu sayang
Setelah tahu apa profesiku *pramuka*

Memang benar kau tinggalkan aku *sayangku*
Setelah dapat pengganti yang baru *apalahu*
Memang uang pegang peranan penting sayang
Tapi cintaku lah *hey* yang teristimewa

Hehehehehehei hei cewek jaman sekarang rata-rata mata duitan
Hehehehehehei hei cowok jaman sekarang rata-rata mata keranjang

Tapi ntah kenapa saat itu aku & teman-temanku yang lain, rajin banget ikut latihannya. Karna takut, mungkin? Soalnya temenku yang laki-laki malah santai saja ga datang, ga disanksi.

Hingga tibalah saat Wapra, tanggal 27 Agustus 2017 hari jum'at ada pembukaan oleh Bu Kepsek.

Esoknya sabtu, kami dikasih nasi bungkus tapi harus dihabiskan. Kalo ga digertak nasinya mesti dikunyah, lepehin, terus dimakan-_- astaghfirullah nyebut.

Lalu lomba baris-berbaris. Kelas kami tidak menang, mungkin karna komandan barisan yang lagi sakit berpengaruh ke suaranya, u bayangin tu suara lagi melengking tinggi eh tiba-tiba kayak tikus terjepit:') :'v

Lusanya hari terakhir Wapra, yang ditunggu-tunggu dan paling berkesan. Diadakanlah hiking. Sangat pas untuk sekolah kami yang di ruang letaknya naik turun bukit.

Karna hari makin lama terasa panas. Regu pertama jika mau melakukan apa yang diminta mereka mulai duluan. Yang menyuruh bapak asal Surabaya kayak Anang katanya, yang sebenarnya berprofesi Tentara tapi ia dipanggil 'Kakak' karna jadi Komandan Acara.

Beberapa regu sudah jalan, setelah melakukan aba-aba dari si Instruksi. Saat kakak itu menyuruh nyanyi, ga ada satupun regu-regu lain yang mau. Adanya saling menunjuk, 'Nyanyi aja lah teros, biar cepat.' -..-

Terus kakak itu bertanya, "Siapa Presiden Indonesia yang tidak berasal dari Jawa?"
Seorang laki-laki menjawab, "B.J. Habibie."
'Waw pandenya.' batinku.
Regu dia pun jalan.

Kakak itu memberi clue. Katanya pas tahun 2004 beliau mengikuti ajang bernyanyi, ada juri yang beliau idolakan sekaligus mengecewakannya karna ia jadi dieliminasi. Entah bener ato ga cerita beliau:')

"Sebutkan nama penyanyi dari lagu yang kakak nyanyikan." Pintanya.
"Andaikan kau datang kembali~
Jawaban apa yang kan ku beri~"

Deg._., ku tau lagu ini dari sinetron Rindu Tiara di A*TV wkwk. Ini kan yang dimainkan Noah. Lumanyan banyak yang tunjuk tangan, termasuk aku tapi rata-rata jawaban mereka salah. Saat kubilang 'Noah' juga salah.

Oh ya, ku jadi ingat karna lagu itu kesukaan mamakku juga. Dulu pernah kucari di YT ternyata ada penyanyi perempuannya.

Lalu kubilang, "Ruth Sahanaya."

Kakak itu baru mempersilahkan regu kami jalan.

Setelah itu kami berbaris membentuk 2 shaf. Kakak-kakak pramuka pun berlagak galak. Mereka memoleskan cairan entah tinta ato cat hitam ke muka kami. Lalu, tes latihan baris-berbaris.

TBC🤭

Sambungannya

2 komentar:

  1. Mungkin cat hitam itu adalah masker.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Awan komen:o<3, tadinya kukira masker medis itu, walah masker wajah ya juga sih maybe:v

      Hapus