Selasa, 21 Juli 2020

Mbah-mbah & Kampungku

"Kamu enak bunga.. masih punya kakek sama nenek.. hm, kalo qu udah ga ada dua2nya. Cuma kenangannya yang diingat."

Perkataan dari seorang teman itu masih terngiang-ngiang di telingaku. Padahal dia bilang secara tidak langsung, melalui chat, tapi entah kenapa tetap aja ngena rasanya.

Kalo dipikir-pikir ya juga sih, dia benar, aku masih beruntung memiliki kakek & nenek seharusnya aku bersyukur, ya walo tinggal dari bapak, karena dari ibu udah ga ada, cuma pernah lihat fotonya.

Btw, kenalin kakek & nenek dari bapakku. Kami memanggil mereka dengan sebutan Mbah. Yups, mereka orang Jawa, lebih tepatnya di Kebumen, Jateng. Mereka ikut program transmigrasi yang diadakan pas zaman Pak Soeharto dulu. Jadilah di sini, pedalaman Aceh Utara, desa Cinta Makmur.

Jadi jangan heran, kalo kamu kesini, walo di Aceh, tapi penduduknya pake bahasa Jawa. Hingga punya keturunan & seiring berjalannya waktu, mereka pun tetap setia pake medok Jawa.

Kembali ke Mbah-mbah kami. Mbah-mbah punya 7 orang anak dan lebih 24 cucu mungkin? Ya slogan zaman dulu banyak anak banyak rezeki, kalo sekarang, banyak anak banyak ATM, wkwk bercanda sayang. Dan anak-anaknya mbah-mbahku ini tinggal terpisah semua ada yang di Sumut, Sumbar, Jakarta, tapi ada yang dekat juga beda kecamatan sama kota aja hehe. Makanya jarang banget lebaran ngumpul :') yang tinggal dari luar daerah itu.

Oh ya, keadaan di sekitar kampungku, di jalannya itu lho berbukit, berbatu. Dan kalo tengah malam gelap bisa dibilang kayak hutan belantara. Tapi di tengah kelamnya malam itu, penuh dengan taburan bintang. Hal yang paling kusukai saat memandangnya. Internet ga ada kecuali kalo kartunya Telkomsel ðŸ¤­ dan mungkin ga jauh dari rumah mbahku ada Warkop yang pasang WIFI, sehari Rp. 5000, ya walo sepuasnya tetap aja sayang duit :') dan Alhamdulillah di sini listriknya ada.

Mbah-mbahku pekerjaan sehari-harinya nderes (sayatin pohon karet) dulu pernah sih punya pohon Coklat tapi memang dah habis masanya kali ya, jadi buahnya ga ada lagi. Ada juga nanam pohon buah naga, rambutan, mangga, kelapa, pisang, macam² deh. Kalo sayur, ada cabai, pare, petai, kangkung, daun ubi, dsb.

Jujur aku ga terlalu akrab sama Mbah-mbahku, begitupun saudara-saudaraku yang lain. Tidak seperti teman-temanku yang kakek & neneknya bercerita tentang kisah terdahulu atau apa saja sampai dikenang. Tapi aku tetap bersyukur masih punya keduanya, mereka yang ramah selalu nyuruh cucu-cucunya mangan :'v

Ya, walo perjalanan ke kampung penuh perjuangan, aku menyukai masakan mbahku yang senang dengan makanan pedas dan alamnya yang masih asri, saat jenuh di kota yang kutempati adalah hal yang paling kurindukan.

2 komentar: