Rabu, 02 September 2020

Tips Psikologi

Hai guys! Berjumpa lagi~ kali ini saya mau sharing tentang tips Psikologi yang kudapat dari hari ke-3 PKKMB Daring.

Oh ya, sedikit cerita sebelumnya saya ga terlalu mastiin kalo seseorang dibalik layar Meet ku ternyata seorang Psikolog, profesi yang can relate denganku. Tapi setelah ada yang mencatat bahasan tentang hari itu di grup WA baru ngeh. Terima kasih buatnya, maka aku pun langsung menyimak tak lupa mencatat seperti ini.

Cara Semangat
-Carilah teman, duduk bersama orang yang punya semangat tinggi, jauhkan diri dari orang yang punya mental negatif dari diri kita, biar semangat.
-Duduklah di cafe yang menghadap ke jalan, dengarkan sekeliling yang ada di sekitar, resapi.
-Bangun energi positif, bangun pagi, nikmati sinar matahari. Saat malam nikmati angin. Saat minum nikmati air itu masuk ke diri kalian, air itu masuk ke sekeliling tubuh kalian. 
-Saat kuliah kita tersenyum, ternyata banyak sekali ilmu yang belum saya tau.
-Saat kamu mengikuti seminar dll, kosongin dulu pikiran kamu. Anggap kamu ga tau apa-apa. 
-Ketika kita lagi down, ada orang lain yang di bawah kita.
-Jangan karena 1 masalah yang terjadi, bukan besok seperti ini juga, cuma kamu yang bisa mengubahnya.

Cara Berbicara di Depan Umum
-Lakukan di depan cermin, jangan memakai pakaian, karena kamu bisa lihat kosongnya diri kamu, karena yang selama ni kita pikirkan semuanya harus perfect, semua yang dipikirkan semua harus sempurna, saya ingin terlihat sempurna di depan orang lain, tapi kita malah tidak ingin sempurna di depan diri sendiri
-Bicara pada orang yang ga dikenal tanya nama sama alamatnya aja, kita jadi ngerasa semua manusia itu sama.

Cara Mengetahui Bakat & Skill Kita
Apa yang sering kalian lakukan, saya suka membaca, coba menulis sehari 1000 kata, minimal 100. Saya suka latihan fisik, coba olahraga. Saya suka ngomel, coba ngomel pd diri sendiri.

Motivasi Kuliah D3
-Motivasi dari luar ayo coba kamu pikirkan berpikir positif kamu bisa lulus lebih cepat, banyak pengalaman yang bisa kamu lakukan setelah itu.
-Motivasi dari dalam, apa yang bisa kamu lakukan untuk diri kamu sendiri, kalo itu tidak ada dalam diri kamu orang akan mudah sekali menggoyahkan.
-Berteman dengan orang baru, dapat jaringan.
-Bekreasi, memulai dengan ide baru, mengikuti organisasi.
- Orang-orang bilang, "Kenapa kamu ambil D3? Senyumin aja orang-orang yang seperti itu.

-Bu Ayu Safira (Psikolog) Unmuha, 26 Agustus 2020. 

Gimana? Semoga bermanfaat ya.

2 komentar: