Rabu, 17 Juni 2020

Saat-saat Kena Tilang

Jujur, seumur hidup baru kali ini saya kena tilang. Mungkin itu memang ga rezeki kami, atau jadi pengalaman yang ga terlupakan.

Pagi itu, Senin, pukul setengah 11 siang, saya dengan mamak mau ke sekolahku. Di perjalanan, dekat Satlantas ada seorang Polisi berdiri di tepi jalan. Karena mamak ga pake helm, beliau bilang: "Nga, mamak turun aja ya, jalan kaki sampai sana." Kubalas, "Gapapa Mak e, tu aja orang lewat ngak apa."
Beberapa saat kemudian, si Polisi pun ga di situ lagi. Berlanjutlah perjalanan kami.

Setelah itu, kami tiba di rumah ngambil laptop. Dalam batinku, 'minta ajak mamak makan bakso enak kali ya." Ya, memang hobi kami makan itu "nga, nanti kita makan bakso." Serendipity!
"Kita tadi dalam hati dah bilang mu makan bakso." Seruku.

Saat di perjalanan. Guys, ternyata memang sudah diberi tanda, kita lah yang ga peka. Ingat saat cerita tadi ada Polisi? Dan akhirnya, kami diberhentikan.

"Selamat siang, maaf mengganggu perjalanan ibu. Bisa tunjukkan STNK-nya?"
"Di rumah ga bawa pak." Mamak bilang.
Alhasil diminta kunci. Saya jadi ingat, ada berita orang yang lebih memilih membakar motornya daripada ditahan:') ku jadi tau rasanya gimana, tapi ya ga mungkin dibakar juga:')
Ku mau pulang lagi buat ngambil STNK sama juga, tu motor tetap ditahan.

Lalu, polisi itu nanya nama mamak buat ditulis surat tilang. Mamak ga mau. Teringat katanya kalo dah gini, jan ambil surat tilang. "Gimana ni nga?" Tanya beliau. Kami berpikir.

Mau hubungi bapak juga, tapi pasti marah. Karena sebelumnya, udah diwanti² buat pake helm. Akhirnya, nelpon juga.
"Mas, ni Honda (namamamak) dah ditahan, kena tilang."
"Udah dikumpulin helm di rumah, ga dipake, urus aja sendiri." Balas seseorang di ujung sana. Btw, kemarin tu pernah juga gini, tapi karna bapak kenal orang dalam langsung selesai perkara, ni karna beliau ga di kota ni.

Btw, sebenarnya motor kami semua dalam kondisi baik, pajak & plat ga mati, STNK & SIM juga, spion semua lengkap. Cuma satu salah kami, salah satu ga pake helm.

Terus mamak nanya sama si polisi yang dibalas harus 'disidang'.
"Apaan emang dikiranya kita kriminal." Kesalku.

Kami ntah nunggu & pikir apa:') tiba² ada seorang bapak dengan ramahnya.
Kata beliau. "Motor saya juga ditilang. Ibu ambil aja surat tilang, nanti saya bantu. Saya dah 5x kek gini. Ada kenalan saya."
Btw saya ngakak pas dibilang 5x gitu, LOL. Dan, kami waspada dung, apalagi beliau orang asing, tapi karna emang ga tau lagi mau buat apa jadi ambil dah tu surat tilang:')

"Tadi ga mau." Kata ntu Polisi_-

Sesudahnya, bapak itu minta nope mamak. Kami pun balik ke SD mamak buat belajar ngisi rapor sama guru lain naik becak.

Ga lama, sebelum jam 1 siang. Bapak tu nelpon lagi. Beliau dah nunggu di Satlantas. Mamak pun nelpon Abang kami buat ngambil STNK, duit, sama helm.

Tiba kami di sana dengan bapak itu, lama abangku sampai. Abangku salaman sama bapak tu. Terus beliau bilang, "Perlu duit 200 ribu buat ambil."
"Ha? 200 ribu? Ga ada duit segitu saya pak." Kata mamak. (Disamping karna mahal banget, juga pas²an)

Tiba² Bapak kami nelpon, bisa dibantu teman dari temannya kata beliau. Terus mamak bilang sama bapak itu "Ga usah aja pak, maaf ya, ni dah ada suami saya, makasih dah dibantu."
Bapak tu senyum terus ngucap, "Kalau ga bawa uang 50 ribu ja sama STNK." Sesudah mamak kasih, beliau narik helmku masuk ke Satlantas.

Karna takut juga dibawa lari, mamak ngikutin. Setelah beberapa saat nunggu, bapak tu mengendarai motor kami, mamak nyusul di belakangnya.
Ternyata, beliau ninggalin tasnya, sebagai bukti kalo beliau ga ngacir mungkin.

"Bapak mau pergi ke mana? Naik apa pak?" Kata mamak.
"Ke kantor Capil, naik becak."
"Bang antar bapak ni. Sama anak saya ya pak."
Abangku nurut.
Bapak tu senyum, "motornya nanti tanggal 18, ga lama lagi 10 hari lagi."

Setelah mereka pergi, kami heran dah. Lama banget itu. Bapak tu katanya motornya ditilang dah diambil, tapi kenapa ga dinaiki? Terus duitnya ntuk dia ato Polisi? Kalo STNK nya ditahan sama aja, kami pun bisa ga perlu bantuan bapak tu. Kalo beliau memang perlu duit, ya udahlah. Tapi gimana dengan STNK kalo sama Polisi, gimana cara ambilnya? Pakai sidang dalam keadaan Corona gini?

Udah kejadian gini, bapak dan anak² mamak yang lain bilang. "Mamak tu ga pake helm."
"Heh, dah terjadi juga. Udahlah ga payah dibilang juga dah tau." Kesalku.
"Man dah tau kenapa ga dipake."
"Makanya ingatin."
"Orang dah tau ada razia, mamak sendiri yang bilang."
Huh, ku ga abis pikir. Ngomong doank gampang:') Do'ain ya kawan moga gapapa STNK-nya:)

P.S ratusan karakter terpanjang yang pernah ada:')

Edit: Ternyata di keterangan surat tilang itu untuk mengambil STNK-nya bukan tanggal 18 tapi 25. Hal tersebut baru diketahui saat tanggal 18 ke Satlantas itu. Tidak teliti membaca:') dan akhirnya setelah tanggal 25 dibolehin ambil dong STNK-nya. Alhamdulillah, thx udah baca guys.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar