Senin, 29 Juni 2020

Tips Mengerti Berbahasa Inggris

Hi guys! Kali ini saya ingin membagikan beberapa tips supaya bisa bahasa Inggris.

Dari sekian banyak bahasa tentu perlu pengantara yaitu English supaya mudah untuk berkomunikasi dengan populasi di dunia. Hal ini juga memudahkan pendatang untuk mencapai tujuannya.

Tapi, kenapa harus English? Karena bangsa Inggris dulu yang paling maju di dunia. Juga banyak pengetahuan berbahasa Inggris yang sayang banget kalau ga dipelajari:(

Oh ya, tips ini ala saya saat belajar bahasa Inggris ya.

1. Mendengarkan Lagu Barat dan Memahami Liriknya.
Biasanya saya mencari terjemahan liriknya dulu, kalo suka baru kudengar lagunya. Hingga nemu penyanyi favorit yang kena banget seperti TS! Lama kelamaan jadi teringat artinya. Sampe pernah nulis lirik lagu terjemahan di buku khususnya, tapi dah ga tau terselip di mana:(. Oh ya, kalo kamu mau menghindari musik, bisa dilanjut ke bawah.

2. Install Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Kita hidup di zaman sekarang yang seolah dimudahkan. Bersyukurlah dan manfaatkan itu. Banyak banget aplikasi belajar English di PS. Kalo saya dulu pernah pake Duolingo dan Hello English. Bukan promosi, memang asyik banget lengkap deh.

3. Nonton Video YT Berbahasa Inggris
Nonton video dengan subtitle English boleh banget lho. Banyak channel luar negeri yang penuh informasi, pengalaman, seperti TED dan minutevideos. Bisa juga nonton video bahasa Indonesia sama subtitle English tentunya.

4. Catat Kosakata Bahasa Inggris Asing yang Baru Kamu Ketahui
Kamu bisa mencatat kosakata English di buku khusus beserta terjemahannya. Btw, ini sebenarnya tips dari guru kesayangan saya Miss Ira. Beliau bisa baca² ulang buku itu di mana aja & kapan saja. (Tapi ku ga gitu T_T)


Udah lumanyan lama ya, november tahun lalu.

5. Membaca Cerita Dalam Bahasa Inggris
Tentu, kita mesti melatihnya dengan membaca. Dari dongeng² anak boleh banget. Kalo kesulitan nemu kosakata yang asing lagi, download saja kamus Indonesia Inggris offline.

6. Suka Bahasa Inggris
Tentu kalo kita udah menyukai sesuatu pasti berjuang kan meski dengan susah payah? *Khkhkh. Begitu juga untuk bahasa Inggris. Abaikan saja mereka yang bilang 'bahasa Inggris itu susah.' karena sebenarnya English itu ga sulit kok!

Oh iya, kalo kamu mau tau saya udah suka English sejak kelas 6 SD. Kalo Sekolah dulu ada English dari kelas 4-6 SD. Tapi sekarang di SD Negeri desa kami dihilangkan, ga tau ya kalo di Kota atau Swasta. Kebetulan, gurunya loyal banget ngajarnya waktu itu, betah deh. Metodenya kayak beliau menerjemahkan bacaan English. Nanti kami menjawab soal berdasarkan bacaan itu. Suka pelajaran ini berlanjut seterusnya. Guru-guru yang mengajar English juga asyik semuanya.

Terakhir, ada yang petuah yang bilang, 'Utamakan bahasa Indonesia, pelajari bahasa asing, lestarikan bahasa daerah.'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar