Selasa, 02 Juni 2020

Apa Arti Hidup Itu Buatmu?

Hai, buat mas mbak yang udah mampir makasih😍 duh seneng banget bisa nyalurkan apa yang di pikiran dan syukur sekali kalau-kalau bermanfaat.

Suatu kali saya pernah berada dalam fase: berapa umurmu saat ini? 12? 18? 23? 45? Atau lebih dari itu? Saya berpikir tapi kok hidup masih gini-gini aja dan jujur masih merasa itu sampai sekarang:" dan itu ga enak. Jadi apa sih arti hidup ini? Kenapa suka banget sih membandingkan diri dengan orang lain? Meski semua sudah diatur sesuai porsinya. Sampai saya pernah baca dulu di suatu blog yang sayangnya sumur eh sumbernya sudah lupa:') yang isinya hidup itu untuk 'belajar, berilmu, dan beribadah'. Simple sih tapi setelah direnungkan ternyata mengena. Setelah belajar dengan baik, sudah mempunyai cukup ilmu, baru bisa merealisasikannya dalam beribadah. Dan ibadah itu bukan hanya diimplementasikan seperti dalam rukun Islam saja, tapi kita bisa meniatkan bekerja dan bahkan tidur untuk ibadah. CMIIW, karena saya pun masih belajar:')

Dan apa sih yang kita cari di dunia ini? Kesenangan, kebahagiaan, dan ketenangan? Ya boleh-boleh aja sih mencari hal-hal seperti itu tapi tetap ingat, kalau kesenangan saja suatu saat akan sakit. Begitu juga kebahagiaan dengan pasangannya kesedihan. Ketenangan dan kerusuhan. Semua yang di dunia ada perbandingannya.

Tapi yang sebenarnya dibutuhkan adalah qona'ah (hati yang merasa cukup) dan bersyukur, alhamdulillah. Jika tidak merasa seperti itu, kita akan selalu mencari yang lebih dan itu tidak akan pernah habis seperti pepatah di atas langit masih ada langit:'D dan jauh dari itu pasti ada orang-orang yang di bawah kita, bahkan ingin menjadi seperti kita, ya kita ga akan pernah tau, but maybe, kita tau apa sih?:" *Halah sok Inggris* anggap aja seperti itu. Tapi tetap, 'bersyukur saja mudah untuk diucapkan, tapi sulit untuk dilakukan. Kita harus berusaha untuk selalu bersyukur.' -Redesya.

Ini buat diriku sendiri sih, bahkan ada 2 Public Figure yang hari ultahnya sama denganku, juga sama-sama perempuan, cuma beda tempat lahir aja:'v tapi mereka lebih sukses, penyanyi terkenal dan pasti penghasilannya itu banyak banget. Sedangkan diri ini masih belum jelas statusnya entah bisa jadi mahasiswi atau bukan, masih berharap pendapatan dari keluarga juga. But well, apa saja bisa terjadi dari 7 milyar manusia di dunia ini, ada diriku-diriku yang lain, di atasku bahkan di bawahku. Semua sudah memiliki takdir-takdirnya sendiri. Semua bebas memilih mau berusaha atau menyerah untuk hidup yang lebih baik dari sebelumnya bukan dari orang lain.

Ada versi hidup mereka yang hanya mengejar akhiratnya saja ya itu bagus banget, begitu juga yang mengejar duniawi juga akhiratnya.

Dan, jadi di sini kita. Ingin menjadi manusia yang lebih bermanfaat, sedih cu kalau dibilang cuma menuhin bumi:') sehebat apa sih dia yang bilang!? sarkas si tapi ya ga masalah, selama kita tau arti hidup buat kita, seperti apa versi terbaiknya.

2 komentar:

  1. Nice info, umur saya 24 th dan merasa masih belum ada perubahan mendasar masih kekanak-kanakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. @marzain, btw sebelumnya thx, senang banget dapet komenan. Ya, apapun itu selama nafas masih dihela & tenaga masih ada, tidak ada kata terlambat untuk belajar:)

      Hapus