Sabtu, 30 Mei 2020

Makna Berharga Dibalik Sebuah Kehilangan

Pernah ga si kamu benar-benar kehilangan sesuatu? Mau itu barang kesayangan, uang saku, hadiah, pemberian ortu, dan mungkin yang ga pernah dimiliki tapi 'ngerasa' ilang kayak doi? *Uhuk. Gimana sih rasanya? Huh, ga usah ditanya deh pasti sakit banget duh. Anak sultan sekalipun kalo kehilangan orang yang disayang pun rasanya juga sama, perih cuy. Karena ya mereka, kita, juga sama-sama manusia, punya perasaan.

Teringat peristiwa yang lalu, ntah memang sudah takdirnya ato kecerobohan, yang jelas saya pas kelas akhir SD tu sering banget ilang peralatan sekolah. Dari yang kecil penghapus, pensil, pulpen, sampe 2 tip-x Kenko yang harganya 5 ribuan T_T pun ilang. Ga cuma itu, beberapa kali duit 5 ribuan di tas pun raib, padahal ditinggal sebentar lho. Alhasil, RIP bakso goreng. Dulu masih sepolos itu, saya samsek ga curiga sama siapapun itu.

Sampai suatu hari ... Kami sekelas akhirnya tau siapa yang ngambil. Karena dia juga yang mengambil duit julo-julo (simpan pinjam) Yang saya ga nyangka ternyata dia teman semeja saya sendiri:) atau jangan-jangan dia kena Kleptomania:", memang anaknya berkekurangan si, tapi tetap aja perbuatannya salah. Mungkin dia mikirnya karna saya punya mamak yang ngajar di SD itu jadi saya berada (?). Aamiin kan saja lah:')

Cuma saya sayang sama ortu yang udah capek-capek kerja beliin ini itu untuk anaknya malah diilangin. Lalu satu lagi, HP saya juga pernah ilang pas SMK. Ya sih, belinya memang pake tabunganku, tapi sama juga berarti saya ga bisa jaga barang. Duit apalagi selalu ilang, saya dulu selalu nunda-nunda nyimpannya, kalo sudah simpan lupa naruhnya di mana.

Akhirnya udah nyalahin diri sendiri ditambah ejekan mereka karena saya ceroboh. Jadi ngerasa miris banget. Tapi ada juga yang berbaik hati ngasih kutipan bijak, 'Kalo memang rezekinya pasti balik lagi ke kamu, tapi kalo ga ya pasti ada gantinya nga.' dan itu cukup membuat tenang:')

Kesininya saya makin aware, jadi lebih ke intropeksi diri. 'Ya Allah, apa saya kurang sedekah?' juga karena di dalam harta kita itu ada hak orang lain juga.

Kawan, ternyata kita harus menghargai juga bersyukur dengan sesuatu yang kita punya, terutama dengan kehadiran orang yang disayang. Sebisa dan sebaik mungkin mereka disayang, dirawat, bahkan dijaga, karena kita ga pernah tau kapan waktu itu habis.
Dan sejatinya kepunyaan kita ini bukanlah benar-benar milik kita. Kita ga pernah juga bakal tau kapan Pemilik sesungguhnya ingin mengambil  balik titipan-Nya. Dan di sinilah pentingnya kunci ilmu ikhlas itu.
Pada akhirnya yang diperlukan ialah siap, kecuali kehilangan Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar