Selasa, 12 Mei 2020

Pengalaman Tes Masuk SMK Keahlian Kesehatan

Hai guys! Saya nulis ini barangkali ada yang berangan-angan 'gimana sih pengalaman tes masuk SMK Kesehatan?' seperti saya dulu😂 mau nanya ke kakak kelas segan:')

Jadi hari itu, di tahun 2017 diadakan tes masuk SMK negeri di kota kami. Jurusannya cuma ada 2 yaitu Farmasi dan Analis Kesehatan. Saya ke sekolah itu didampingi mamak hehe, nebeng juga karena ga terlalu lancar bawa motor dulu. Sesampai di sana sudah lumanyan ramai, dengan para calon murid yang beranekaragam.

Kebetulan saya termasuk beruntung karena mendapat formulir jalur khusus itu berarti ga perlu ikut tes tulis, seperti calon murid yang jalur umum.

Saya dengan nomor tes 095 harus mengikuti tes wawancara dulu, sedangkan para calon murid yang dari nomor urut 001 dst melalui tes kesehatan atau tes mengaji, ya secara bergantian.

Batinku. 'Duh baru awal-awal aja, udah mulai wawancara.'

Setelah nomor giliran dipanggil, saya pun memasuki ruangan. Di sana ada guru yang barangkali kuketahui bernama Bu Linda.

Maaf guys, karena kejadiannya 3 tahun yang lalu, saya tuliskan seingatku saja ya.

Jadi saat itu saya disodori soal pecahan Matematika. 'What the ... demi apa kok langsung harus kerjain soal, MTK pula ... Duh apa yang harus kujawab ini!' pikirku sambil tercenung. 'Udah kayak masuk SMA jurusan IPA aja, padahal ini mau masuk SMK Kesehatan.' batinku sok tahu, dikira pelajaran MTK ga banyak menghampiri.

Kulirik di sebelah calon murid jurusan Farmasi yang sama denganku yang cengo ga bisa jawab wkwk. Sampai akhirnya Ibu itu mau mengajari. Ya Tuhan, padahal soal SMP begitu, eh atau SD? Duh malu, bahkan harapan untuk dapat diterima di sini pun nguap.

Lalu Ibu itu nanya,
Bu Linda: "Apa yang kamu ketahui tentang jurusan Analis Kesehatan?"
Saya: (Teringat dari sosialisasi SMK itu ke SMP kami dulu.) "Analis kesehatan adalah jurusan yang mempelajari tentang pemeriksaan cairan tubuh seperti darah, feses, urine, sputum, dsb buk."
Bu Linda: "Kenapa kamu mau milih jurusan ini?"
Saya: "Karena saya bisa membantu dokter mengobati orang sakit, memeriksa cairan tubuh di lab buk."
Bu Linda: "Sebutkan ada berapa gol darah?"
Saya: "Ada 4 buk. A, B, AB dan O."
Bu Linda: "Alat apa saja yang terdapat di Lab?"
Saya: (Di sini saya kicep, bodohnya kok ga kepikiran ya buat search di Mbah Google:") tapi saya jawab sebisanya kayak Termometer dan Mikroskop. Sisanya saya bilang bilang saja ga tau Bu, pasrah:') tapi nanti saya bakal belajar cari tau Bu:)
Bu Linda: "Kapan kamu akan belajar?"
Saya: "Sepulang dari sini buk."
Lalu, dikasih tau dong alat-alat yang ada di Lab itu. Selesai sudah wawancara.

Setelah itu menunggu giliran tes mengaji. Lalu tes kesehatan, di sana di timbang berat badan dan tingginya. Tes buta warna dan tes mata. Juga ada ditensi darah.

Sesudah itu, ada pengumuman yang menyatakan kalau saya lulus. Ya, alhamdulilah:) lalu nama jurusan Analis Kesehatan barangkali kuketahui sudah berubah nama menjadi Teknologi Laboratorium Medik saat MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar